Penyebab dan Gejala Radang Selaput Otak (Penyakit Meningitis)

20.47

Penyakit meningitis


Penyakit meningitis adalah suatu peradangan dari selaput-selaput otak (meningen). Penyebab penyakit meningitis adalah berbagai macam virus dan bakteri ataupun karena penyakit lain yang memicu terjadinya peradangan pada jaringan tubuh.
Meningitis yang disebabkan oleh virus biasanya tidak berbahaya & akan pulih dengan sendirinya, sedangkan meningitis yang disebabkan oleh bakteri atau disebut dengan meningitis bakterialis lebih berbahaya karena dapat mengakibatkan kematian pada 50% anak yang terkena serta menunjukkan gejala sisa lainnya seperti kelumpuhan, tuli ataupun kurangnya kemampuan belajar apabila anak berhasil sembuh.
Radang selaput otak (penyakit meningitis), merupakan infeksi dan peradangan dari selaput yang membungkus otak. Penyakit ini sering menyerang bayi berumur kurang dari 1 tahun. Penelitian di seluruh dunia dan di Jakarta menunjukkan 40% meningitis


disebabkan oleh bakteri Haemophilus Influenzae tipe b (Hib). Meningitis mempunyai gejala sebagai berikut :
  • Demam tinggi yang terjadi secara tiba-tiba
  • Sakit kepala yang sangat menyiksa dan terjadi secara terus-menerus
  • Kaku atau kejang pada leher sehingga menimbulkan rasa sakit ketika Anda hendak menundukkan kepala
  • Mual dan muntah, kadang disertai dengan diare
  • Bingung dan kehilangan orientasi bahkan terlihat linglung
  • Mengantuk dan sering loyo
  • Sakit mata atau terasa sensitif pada cahaya terang
  • Otot atau sendi terasa lemah dan ngilu


Bila menemukan gejala di atas, secepatnya bayi dibawa ke rumah sakit. Di sana tim dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, laboratorium yang meliputi tes darah dan X-Ray guna mendiagnosa penyakit. Dan bila mengarah pada meningitis, maka akan dilakukan pemeriksaan lumbar puncture (pemeriksaan cairan selaput otak).

Sumber: http://www.tdwclub.com/health/radang-selaput-otak-penyakit-meningitis/

Pencarian dengan keyword :

radang selaput otak (18), penyakit meningitis (12), gejala radang selaput otak (9), Gejala radang otak (7), peradangan otak (7), penyakit pada selaput otak (6), sembuh dari meningitis (5), penyebab radang selaput otak (4), meningitis (4), penyakit miningitis (4)
Artikel Penyebab dan Gejala Radang Selaput Otak (Penyakit Meningitis) ini dipersembahkan oleh 

Related Posts :

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Salam..
maaf saya mau tanya..
kalau sakit kepala yg dirasakan sangat sakit bahkan kepala bagian belakang terasa sangat panas..dan juga sering mual dan muntah.. sakit ini sering muncul. apakah termasuk gejala penyakit meningitis ???

Posting Komentar